Praktis! Cara Membayar Tagihan Listrik PLN Online

Saat ini ada beragam cara membayar tagihan listrik PLN yang semakin mempermudah masyarakat sebagai pengguna sekaligus pelanggan. Tentu hal ini dilakukan oleh pihak PLN untuk memberikan layanan yang maksimal dan kemudahan untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

Listrik di Indonesia dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang membutuhkan biaya operasional yang besar. Karena itu pelanggan wajib membayar rekening listrik demi kelancaran operasional PLN. Tunggakan Rekening Listrik dapat mengakibatkan kinerja PLN menjadi buruk. 
Sebab pendapatan rekening yang diharapkan lancar dari Pelanggan menjadi tidak lancar, sehingga kontinuitas pelayanan kepada Pelanggan juga terganggu. PLN mengalami kesulitan liquiditas untuk kegiatan operasional maupun melayani permintaan penyambungan baru yang semakin meningkat.

cara bayar tagihan listrik

Ada beberapa cara membayar tagihan listrik PLN yang saat ini banyak digunakan, mulai dari mendatangi kantor PLN, cek online melalui website PLN, menggunakan aplikasi, dan masih banyak lagi. Ketika Anda membuka web PT.PLN, masukkan ID Pelanggan (Identitas pelanggan) listrik rumah Anda yang terdiri dari 12 angka. Lalu masukkan sandi yang tertera di halaman web tersebut, pada tempat yang telah disediakan. Setelah itu klik login. Jika berhasil, maka akan muncul halaman web, yang menunjukkan informasi berapa besar tagihan listrik yang harus Anda bayar. itu adalah cara yang paling mudah, yaitu melalui website PLN.

Cara membayar tagihan listrik semakin dipermudah dapat lewat internet dengan menggunakan layanan internet banking, datang langsung ke loket pembayaran listrik yang banyak tersebar, dan bisa membayar langsung lewat ATM. Cara membayar listrik lewat ATM saat ini menjadi salah satu yang paling praktis karena tidak perlu lagi ke loket pembayaran listrik yang biasanya harus antri. Cara membayar tagihan listrik dengan menggunakan ATM memang sangat efisien dan bisa menghemat waktu dan tenaga.

Cara Membayar Tagihan Listrik PLN Online Via Internet Banking

Cara membayar tagihan listrik PLN dapat dilakukan dengan mudah secara online melalui internet banking. Misalnya melalui BRI internet banking, syaratnya Anda harus memiliki akun BRI internet banking yang aktif, bisa juga via bank lain yang bekerjasama dengan PLN dengan cara yang sama. Jika belum memiliki akun BRI internet banking, silakan terlebih dahulu di Kantor Bank BRI. Bila sudah memiliki akun BRI internet banking ikuti langkah-langkah berikut ini:
cara membayar tagihan listrik


·         Login Ke Website BRI Internet Banking.
·         Masuk Ke Menu Pembayaran Tagihan Listrik
·         Klik menu utama Pembayaran & Pembelian yang terdapat di barisan atas
·         Klik menu Pembayaran Tagihan di samping kiri
·         Klik menu Listrik
·         Masukan nomor IDPEL rekening PLN
·         Pilih dari daftar jika anda sudah pernah menyimpan IDPEL ke dalam daftar atau Pilih tujuan pembayaran dan isi IDPEL jika anda ingin memasukkan IDPEL secara manual.
·         Jika anda ingin menyimpan nomor IDPEL ke daftar maka centang tanda "klik di sini untuk menyimpan IDPEL ke daftar anda" Isi di kotak "simpan dengan sebutan/nama" misalnya rekening PLN rumah atau kantor.
·         Tekan kirim
·         Konfirmasi Pembayaran Tagihan Listrik
·         Masukan password BRI internet banking anda
·         Masukan kode mToken
·         Klik kirim
·         Jika Anda belum memiliki mToken yang aktif maka klik link permintaan mToken, tunggu sebentar sampai ada SMS dari BRI yang mengirimkan mToken, pastikan Anda memiliki pulsa minimal 1000 rupiah, karena permintaan mToken biasanya dikenai biaya sebesar Rp 500 rupiah. 1 SMS mToken berisi 5 kode yang dapat digunakan.
·         Transaksi Pembayaran Tagihan Listrik Berhasil (Jika pembayaran telah berhasil dibayar, maka akan di tampilkan halaman struk pembayaran tagihan listrik).
·         Logout


Nah, itulah beberapa cara membayar tagihan listrik PLN, semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.